Senin, 27 September 2021

Dasi dalam Islam, Maulana Syekh Yusri Rusydi al-Hasani hafizhahullah

Nambah wawasan.....
----------------------------------
Syekh Berdasi
_______________
Maulana Syekh Yusri Rusydi al-Hasani hafizhahullah bercerita:

"Suatu hari aku mengajar dengan mengenakan الكَرَفَتَّة (dasi).*

Aku lihat ada yang komentar di video pengajian:

"Syekh ini kok berdasi mengenakan pakaian yang mirip orang kafir?!".

Dia sibuk mengomentari dasiku tanpa memperdulikan faedah dari yang aku sampaikan..

Aku tidak menjawab.. suatu saat aku akan menjelaskan di pengajian..

Jadi كرافات Cravate itu berasal dari kata:
كروات.

Yaitu Kroasia.. 

Sejarahnya: di masa lalu, umat Islam di sana sangat sedikit.. jadi untuk menunjukkan identitas diri mereka agar dikenali saudara mereka sesama muslim, mereka mengenakan kain yang diikat di leher mereka.

Orang-orang Barat melihat itu merupakan suatu yang indah, maka mereka pun menirunya.. makanya namanya di kebanyakan negara dinisbahkan pada Kroasia.

Kemudian penggunaan dasi itu ditiru di berbagai belahan bumi.. 

Jadi dasi itu mulanya merupakan pakaian umat Islam......".

* di wiki disebutkan nama untuk dasi di beberapa bahasa:
Moritania: Kravat.
Portugal: Gravata.
Kroasia: Kravata.
Italia: Cravatta.
Francis: Cravate.
Spanyol: Corvatta.
Polandia: Krawat.
Jerman: Krawatte.
Rusia: Галстук.
Ukrania:Краватка

0 komentar:

Posting Komentar

SAFINATUN NAJAH

More »